Monday, March 18, 2019

APA YANG TERJADI JIKA KITA MINUM TERLALU BANYAK AIR?


Apa yang pertama terlintas di kepala anda ketika mendengar kata "RACUN"?.
Sianida? arsenik? bagaimana dengan - AIR PUTIH ?


Hidup dari berbagai organisme tidak akan mungkin bila tidak ada air. Namun di keadaan tertentu, air putih bisa menjadi sama mematikan dengan racun. Ginjal adalah sebuah organ di dalam tubuh kita yang bertugas untuk menyaring air yang berlebihan dan juga air yang mengalir melalui aliran darah kita. Namun ginjal hanya mampu memproses 800 sampai 1.000 mililiter air per jam, dan apabila anda mampu meminum air lebih dari 1.000 liter tanpa memuntahkannya keluar. Tubuh anda mungkin sudah bermasalah. Dikarenakan anda meminum air lebih banyak dari jumlah yang  ginjal anda mampu proseskan. Sehingga kelebihan air tersebut akan berakhir di sel-sel tubuh anda.

Normalnya, sel-sel didalam tubuh kita dikelilingi oleh jumlah air dan sodium yang diseimbangkan secara hati-hati oleh tubuh. Air dan sodium ini mengalir masuk dan keluar melalui lubang-lubang kecil di membran sel kita. Proses ini memelihara konsentrasi sodium baik didalam atau diluar sel seimbang dengan sempurna. Apabila kita meminum air terlalu banyak, maka kandungan sodium di dalam sel kita akan mulai mengencer. Membuat kondisi di luar sel kita menjadi kurang asin. Sehingga tubuh akan mulai menyeimbangkan kandungan air dan sodium kita dengan memaksa kelebihan air itu masuk ke dalam sel kita. Dan proses ini akan mengakibatkan sel kita menjadi bengkak. Para dokter menyebut ini sebagai WATER INTOXICATION. Dan ini bukanlah masalah sepele.

Sel-sel didalam tubuh kita masih mampu bertahan sampai ke level tertentu. Karena sel-sel di kulit kita yang terbuat dari lemak dan otot dapat meregang. Namun sel-sel di dalam otak kita tidak, karena tengkorak kita tidak bisa meregang karena terbuat dari tulang. Karena itu, apabila sel-sel di dalam otak kita mulai membengkak. Sel-sel tersebut akan mulai menekan tengkorak kita dari dalam. Membuat kita mulai merasa sakit kepala, pusing, hingga mengantuk. Apabila pembengkakan tidak kunjung berhenti dan tekanan di dalam tengkorak kita meningkat, akan ada resiko kerusakan otak, koma, dan yang paling buruk, kematian.

Para atlet marathon yang benar-benar harus berhati-hati. Para peneliti menemukan satu dari enam atlit marathon mengalami gejala water intoxication ringan. Karena berlomba lari dapat membuat tubuh menjadi stress, termasuk ginjal kita. Mengakibatkan ginjal kita tidak memproses air secara efisien. Masalah ini bukan hanya terjadi jika meminum air saja, namun juga dapat terjadi jika kita meminum bir terlalu banyak. Gejala ini disebut sebagai POTOMANIA.

Berita baiknya, keracunan air merupakan sebuah penyakit yang sangat jarang ditemui. Penyakit ini mungkin hanya akan dijumpai oleh orang-orang yang memiliki masalah ginjal, sehingga membuat penderitanya tidak mampu memproses air dengan baik. Dan ada cara yang mudah untuk tetap aman, rata-rata orang dewasa membutuhkan tiga sampai empat liter air putih setiap harinya. Karena air (Hidrogen) bisa didapat dari makanan juga, cukup minum ketika anda merasa haus.

Source : Youtube

No comments:

Post a Comment